√ Program Dahlan Muda Menginspirasi UAD Kunjungi Ponpes Modern Muhammadiyah Sangen - Muhammadiyah Weru

Program Dahlan Muda Menginspirasi UAD Kunjungi Ponpes Modern Muhammadiyah Sangen

Ahad, 19 Mei 2024 M bertepatan dengan 10 Dzulqo’dah 1445 H tiga mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat Dahlan Muda Menginspirasi di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen (PPM Sangen).

Ketiganya merupakan mahasiswi penerima Beasiswa Persyarikatan Muhammadiyah atau disingkat BPM, yakni Vera Noer Haliza dan Leli Fatmawati dari Program Studi Pendidikan Biologi dan Sabrina Hasna Makarim dari Program Studi Biologi Murni.

Peserta adalah seluruh santriwati PPM Sangen baik tingkat MTs maupun MA. Kegiatan ini secara khusus diadakan dengan tujuan mengenalkan jenjang dunia pendidikan selanjutnya setelah sekolah menengah, terlebih melalui jalur beasiswa.

Program Pengabdian Masyarakat
Program Pengabdian Masyarakat Dahlan Muda Menginspirasi UAD

Harapannya tentu saja setelah lulus para santri mampu melanjutkan bangku akademiknya sampai pada perguruan tinggi, khususnya Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA).

Program ini berlangsung lancar dengan penyampaian materi kurang lebih sembilan puluh menit tentang beberapa informasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) lengkap dengan beberapa beasiswa pilihan.

UAD sendiri sangat mendukung para santri melanjutkan kuliah dengan beasiswa, terlebih beasiswa hafiz minimal 10 juz. Ini tentu saja kabar gembira bagi para santri dalam membangkitkan ghirah hafalannya, mengingat hafalan yang ditargetkan PPM Sangen setelah lulus adalah 30 juz.

Selain itu penyampaian materi juga difokuskan pada Fakultas Agama Islam sebagai fakultas yang relevan diramaikan oleh alumni santri. Kegiatan semakin meriah dengan adanya sesi tanya jawab dan beberapa merchandise sebagai hadiah bagi penanya.

Pada akhir acara diadakan diskusi singkat bersama santriwati tingkat MA dengan formasi duduk melingkar agar terkesan lebih santai dan mengena. Pada sela-sela diskusi perwakilan mahasiswa UAD sembari membagikan booklet informasi seputar UAD secara lebih detail dan merchandise gantungan kunci.

Setelahnya disambung dengan penyerahan cenderamata dari pihak perwakilan UAD kepada PPM Sangen yang diwakili oleh ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dilanjutkan dengan sesi foto dan video bersama.

Santri siap kuliah
Santri jangan takut kuliah karena banyak beasiswa

Terlepas dari rangkaian program ini, output yang diharapkan muncul pada masing-masing santri adalah karakter dan semangat berkiprah di mana pun dan kapan pun dengan secara maksimal mengerahkan tenaga, pikiran serta usaha semampunya dan bukan semaunya.

Adapun salah satu jenjang yang mendukung hal tersebut yakni perkuliahan. Satu lagi bahwa jangan takut kuliah karena biaya selagi beasiswa ada di mana-mana. Semoga bermanfaat.

Reporter: Izza Alfitra

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.