√ SMP Muhammadiyah Grogol Sukses Gelar Pesantren Kilat Ramadan Selama 3 Hari di Awal April 2024 - Muhammadiyah Weru

SMP Muhammadiyah Grogol Sukses Gelar Pesantren Kilat Ramadan Selama 3 Hari di Awal April 2024

Keluarga besar SMP Muhammadiyah Grogol Weru melaksanakan program pesantren kilat selama tiga hari. Acara yang diprakarsai oleh IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) dan bapak-ibu guru SMP Muhammadiyah Grogol Weru ini dimulai hari Senin hingga Rabu, 1-3 April 2024.

Pada hari pertama, hari Senin, acara dimulai pukul 07.15 WIB, diikuti seluruh siswa dan guru SMP Muhammadiyah Grogol. Kegiatan diawali dengan melaksanakan Salat Duha berjemaah, dilanjutkan pembukaan dan sambutan dari Kepala Sekolah Bapak Hartoyo, S.Ag sekaligus membuka pelaksanaan pesantren kilat Ramadan.

SMP Muh Grogol
Pesantren kilat Ramadan di SMP Muhammadiyah Grogol

Hari pertama ini diisi agenda acara tunggal yaitu program khatmul Qur’an 30 juz dalam sehari, dengan sistem pembagian kelompok siswa. Masing-masing kelompok membaca satu juz secara bergantian.

Kegiatan khatmul Qur’an membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Dilanjutkan doa khatmul Qur’an yang dipimpin Ustazah Nur Lina. Hingga kegiatan hari pertama berakhir pada pukul 10.30 WIB.

Hari kedua, Selasa, 2 April 2024, acara pesantren kilat dimulai pukul 07.15 WIB yang diawali dengan melaksanakan Salat Duha secara berjemaah dipimpin Kepala Sekolah Bapak Hartoyo, S.Ag. dilanjutkan pembukaan dan penyampaian materi.

Pemateri pertama oleh Bapak Hartoyo, S.Ag  dengan membawakan materi berjudul Takwa Kapan Saja dan di Mana Saja Berada. Hal itu berdasar pada QS Ali Imran ayat 102.

 يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya  dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.

Selain itu juga ada salah satu hadis yang berkaitan dengan ayat di atas, yakni ajakan bertakwa di mana saja dan kapan saja. Berikut ini bunyinya.

  اِتَّقِ اللّٰهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَاَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

Bertakwalah kepada Allah di mana dan kapan saja kalian berada, ikutilah keburukan dengan kebaikan yang akan menghapusnya dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik. (HR Ahmad, at-Tirmidzi, ad-Darimi, al-Bazzar, al-Hakim dan al-Baihaqi)

Setelah itu, dilanjutkan dengan kuisioner kepada peserta untuk memperebutkan doorprize sebanyak 12 jenis. Baru kemudian beristirahat sekitar 15 menit dari pukul 09.15 WIB sampai 09.30 WIB.

Sesi kedua diuraikan materi oleh Ustazah Nur Lina dengan materi berjudul Kemuliaan Bacaan Qur’an yang dilandaskan pada dasar hukum dari sebuah hadis populer berikut ini.

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Sebaik-baik diantara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.

Intisari materi adalah bahwa sebaik-baik manusia adalah yang mau mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. Orang yang membaca Al-Qur’an akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah.

Peskil Ramadan
Salah satu sesi acara pesantren kilat Ramadan

Al-Qur’an akan memberi syafaat bagi yang membacanya besok pada hari Kiamat. Al-Qur’an adalah pedoman hidup seorang muslim yang pertama dan utama.

Untuk membuat suasana lebih segar dan gembira pada siswa, masing-masing sesi selesai penyampaian materi dilanjutkan dengan kuisioner secara langsung untuk memperebutkan doorprize sebanyak 22 buah. Pada hari kedua ini berakhir hingga pukul 11.15 WIB.

Hari ketiga, Rabu, 3 April 2024 dimulai pukul 07.15 WIB. Diawali dengan melaksanakan Salat Duha secara berjemaah dengan imam Bapak Hartoyo, S.Ag. Setelah pembukaan lanjut membaca Surat An Naba’ bersama-sama.

Pembawa acara dalam sesi pertama yaitu ibu Nur Ika Fitriyani, S.Pd, sedang narasumber Ibu Bekti Utami, S.Pd dengan menyampaikan materi berjudul Zakat Fitrah.

Intisari materi yaitu tentang pengertian zakat fitrah, dari hukum, waktu pelaksanaan zakat fitrah, orang yang berhak menerima (mustahik) dan orang yang mengeluarkan zakat (muzakki), serta fungsi dan hikmah mengeluarkan zakat fitrah.

Setelah istirahat pada pukul 09.30 WIB sampai 09.45 WIB, dilanjutkan penyampaian materi yang kedua, dengan pembawa acara Ibu Anita Nur Fitriana, S.Pd. Sedang narasumber oleh Ibu Yulia Nur Rochmah, S.Pd, dengan model tanya jawab langsung kepada siswa.

Bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan souvenir. Ada sejumlah 28 buah hadiah yang disediakan untuk siswa dalam acara tanya jawab tentang Islam ini.

Pada hari ketiga ini kegiatan ditutup oleh Kepala Sekolah Bapak Hartoyo, S.Ag, dengan melafalkan doa kafaratul majelis bersama-sama. Secara umum, kegiatan pesantren kilat Ramadan ini berjalan dengan lancar tiada kendala suatu apa.

Reporter: Bapak Hartoyo, S.Ag

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.