√ Silaturahmi Tim V Tarling PCM Weru Salat Tarawih di Masjid Al Mukmin Tunggul PRM Weru - Muhammadiyah Weru

Silaturahmi Tim V Tarling PCM Weru Salat Tarawih di Masjid Al Mukmin Tunggul PRM Weru

Selasa, 19 Maret 2024 merupakan putaran perdana kegiatan Tarawih Keliling (Tarling) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Weru ke segenap ranting yang ada di Weru. Salah satunya adalah Tim V Tarling yang bertugas safari ke Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Weru.

Sebelum pelaksanaan Salat Tarawih, Tim V yang dipimpin oleh Bapak Ahmad Sarwiji Majid dijamu untuk ifthar atau buka puasa bersama di rumah Ketua PRM Weru Bapak Widayat, S.Pd yang beralamat di Dukuh Kersan RT 03 RW 05 Desa Weru.

Kajian sebelum ifthar disampaikan oleh Ketua PRM Karakan Bapak Arif Handoko yang menyampaikan hadis tentang buka puasa, di mana kita disunahkan menyegerakan berbuka puasa yang dengannya akan senantiasa berada dalam kebaikan.

Pak Arif Handoko
Kajian jelang buka puasa oleh Pak Arif Handoko

Tim melaksanakan Salat Magrib berjemaah diimami Bapak Sarwiji di Musala Nurul Iman Dalem RT 01 RW 07 Weru, depan rumah Mbah Dahlan, sesepuh Muhammadiyah yang dulu pernah menjabat kepala sekolah di MIM Sidowayah.

Selanjutnya, Tim Tarling meluncur ke Dukuh Tunggul, untuk melaksanakan Salat Tarawih di Masjid Al Mu'min Tunggul Weru. Salat Isya, Tarawih, dan Witir terlaksana dengan lancar dan khidmat dipimpin Ustaz Najib Zaman, SH selaku imam.

Takmir Masjid Al Mu'min Tunggul
Ucapan selamat datang dari perwakilan takmir masjid

Setelah pelaksanaan salat, Takmir Masjid Al Mu'min Tunggul memulai dengan mengucapkan selamat datang atas kehadiran tim dari PCM Weru, dan memohonkan doa kesehatan untuk Bapak Marjuki, tokoh masyarakat di Masjid Al Mu'min yang kondisi sedang kurang sehat.

Ketua Tim V Tarling PCM Weru Bapak Sarwiji mewakili rombongan berterima kasih atas diterimanya tim tarling di Masjid Al Mu'min ini. Kemudian beliau kenalkan anggota tim yang hadir malam ini.

Pak Sarwiji
Ketua Tim V mengenalkan anggota tarling

Adapun tim diketuai oleh Bapak Ahmad Sarwiji Majid, dengan anggota yang hadir Bapak H. Suwarto Abdul Latif, Bapak Najib Zaman, SH, Bapak Widayat, S.Pd, Bapak Sunardi, M.Pd, Bapak Bandono Hanafi, S.Pd.I, Bapak Eko Sutarno, Bapak H. Sutrisno, S.Pd, Bapak Arif Handoko, dan Bapak Wakhid Syamsudin.

Pak Sarwiji kemudian menjelaskan tentang indahnya berjuang di persyarikatan Muhammadiyah yang pengurusnya tidak digaji. Kemudian beliau menyampaikan oleh-oleh dari PCM Weru berupa beberapa buku islami, mushaf Al-Qur'an, dan Buku Tanya-Jawab Agama terbitan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Oleh oleh tarling
Penyerahan oleh-oleh buku sebagai kenang-kenangan

Tausiah pada kegiatan tarling malam ini disampaikan oleh Bapak H. Suwarto Abdul Latif. Beliau mengawali dengan memimpin doa untuk kebaikan bersama terkhusus untuk kesehatan Bapak Marjuki.

Selanjutnya, Pak H. Suwarto mengajak jemaah merenungkan tentang dosa yang tak mungkin lepas dari manusia. Bulan Ramadan adalah waktu tepat untuk menggapai magfirah Allah agar dosa kita bisa ditebus dengan amalan Ramadan.

Ustaz Suwarto Amanah
Tausiah oleh Bapak H. Suwarto
 
Setelah itu, beliau menyampaikan perkataan Abu Bakar Ar-Razi, yang menganalogikan iman dalam lubuk hati seorang mukmin adalah bagai pohon berdahan tujuh. Ketujuh dahan itu adalah sebagai berikut:

  1. Dahan yang melekat/menancap ke hati, dengan buahnya tekad yang benar.
  2. Dahan yang melekat sampai ke lisan, dengan buahnya ucapan yang benar.
  3. Dahan yang melekat sampai kedua kaki, dengan buahnya berjalan menuju shalat jamaah.
  4. Dahan yang melekat sampai kedua tangan, dengan buahnya memberi sedekah.
  5. Dahan yang melekat sampai kedua mata, dengan buahnya melihat segala ibrah, untuk dipetik pelajaran dari hasil penglihatannya.
  6. Dahan yang melekat sampai lubang mulutnya, dengan buahnya makan hanya yang halal dan menghindari hal hal yang subhat/diragukan halalnya.
  7. Dahan yang melekat sampai tubuh, dengan buahnya menahan diri dari hawa nafsu/syahwatnya.

Demikianlah kegiatan Tim V Tarling PCM Weru di Masjid Al Mukmin Tunggul di bawah binaan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Weru. Semoga kegiatan ini mengukuhkan silaturahmi PCM Weru dengan warga Muhammadiyah di Tunggul Weru dan bermanfaat untuk kebaikan bersama.

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.