√ Tim III Tarling PCM Weru Bertugas ke Ranting Grogol di Masjid Nur Hidayatullah Sorobojan - Muhammadiyah Weru

Tim III Tarling PCM Weru Bertugas ke Ranting Grogol di Masjid Nur Hidayatullah Sorobojan

Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Grogol kedatangan tim tarling dari PCM Weru, yang secara serentak turba ke ranting pada putaran pertama di hari Selasa, 19 Maret 2024. Untuk putaran keduanya pada pekan berikutnya bergantian ke ranting lain.

Sorenya, diadakan ifthar bersama di rumah Ketua PRM Grogol Bapak Drs. Subeno. Dihadiri tim yang terdiri dari Ustaz H. M. Saifudin, Lc, M.Ag, Bapak H. Suwarno, S.Pd, Bapak Ihsan Fitrianto, S.E, Bapak Sunarno, SE, M.Eng, Bapak Sriyanto, Bapak Ama, Sdr Muhammad Hanif, S.Pd.I, Bapak Drs. Satibi, M.Pd.I, dan Bapak Hartoyo, S.Ag.

Bukber tarling
Bukber di rumah Pak Subeno

Menyambut kedatangan tim tarling dari cabang ini Bapak Subeno, S.Pd ditemani beberapa tokoh ranting termasuk sesepuh Muhammadiyah di Grogol yakni Mbah Hadi. Beberapa anggota tim tarling izin tidak bisa gabung karena ada keperluan lain bersamaan.

Titik kumpul di kediaman Bapak Subeno di Dukuh Sorobojan. Kegiatan diawali dengan tausiah qabla ifthar yang disampaikan oleh Ustaz Ihsan Fitrianto, S.E, yang menyampaikan tentang pentingnya setiap individu mukmin berperan dalam berdakwah, tentu peran sesuai kemampuan dan kapasitasnya.

Setelah mendengar suara azan Magrib, kafilah tarling kelompok 3 ini bersegera berbuka takjil kemudian melaksanakan Salat Magrib di Masjid Nur Hidayatullah. Selepas salat, kembali menyantap berbagai sajian istimewa yang dihidangkan oleh tuan rumah.

Menjelang Salat Isya, qadarullah terjadi pemadaman aliran listrik PLN, sehingga Salat Isya dan Tarawih yang diimami oleh Ustaz Saifudin dilakukan dengan suasana remang-remang yang menambah kekhusyukan salat.

Di akhir-akhir rakaat listrik pun kembali hidup, kegiatan dilanjut dengan sambutan dari Ketua PRM Grogol Bapak Drs. Subeno yang juga sebagai tuan rumah. Dalam sambutannya, tokoh dukuh Sorobojan itu menceritakan perkembangan Islam di desa itu yang terhitung baru, yaitu tahun 1980-an.

Masjid Nur Hidayatullah
Tarling di Masjid Nur Hidayatullah

Meski demikian, atas rahmat Allah dan kegigihan dakwah dari para tokoh desa yang bersebelahan dengan Desa Nambangan itu kini geliat keislaman mulai meningkat pesat. Masjid-masjid pun menjadi makmur untuk kegiatan salat berjemaah atau pun kegiatan lainnya, terlebih di bulan Ramadan.

Dilanjutkan sambutan dari Wakil Ketua PCM Ustaz H. M. Saifudin, Lc, M.Ag yang juga sebagai pimpinan rombongan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pentingnya menguatkan tali ukhuwah Islamiyah, karena dakwah akan lebih efektif jika dilakukan secara bersama-sama.

Mudir Ponpes Sangen ini juga menyampaikan tentang kemuhammadiyahan, bahwa Muhammadiyah adalah gerakan dakwah amar makruf nahi mungkar berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah, memiliki struktur organisasi yang jelas dan  amal usaha yang tersebar luas, untuk kepentingan masyarakat umum.

Oleh oleh tarling
Kenang-kenangan tarling dari PCM Weru

Puncak acara, tausiah disampaikan oleh Bapak Drs. Satibi, M.Pd.I. yang menyampaikan pesan kepada jemaah agar meningkatkan ibadah dan amal saleh, lebih-lebih di saat memasuki bulan Ramadan, bulan yang penuh dengan keberkahan, setiap doa diijabah, pintu ampunan dibuka lebar.

Jemaah masjid Sorobojan
Foto bersama jemaah Masjid Nur Hidayatullah

Kegiatan tarling ditutup dengan sesi penyerahan kenang-kenangan dari PCM Weru dan berfoto bersama sebagian jemaah masjid yang mayoritas warganya berprofesi sebagai pengrajin genting ini. Barakallah fikum.

Reporter: Ustaz H. M. Saifudin, Lc, M.Ag 

Get notifications from this blog

2 komentar

  1. Kegiatan Tarling ini.benar benar bisa membuat bulan Ramadan semakin semarak yaa...hangat dan ramai jadinya...

    BalasHapus
  2. Aku salfok ama templatenya nih mas, pake template apa yaa? hahaha.. bagus banget

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.