√ Membahayakan Warga, KOKAM Weru Bantu Evakuasi 2 Sarang Tawon Vespa di Dukuh Nambangan, Grogol, Weru - Muhammadiyah Weru

Membahayakan Warga, KOKAM Weru Bantu Evakuasi 2 Sarang Tawon Vespa di Dukuh Nambangan, Grogol, Weru

Serangan tawon vespa yang melanda pabrik genteng di Dukuh Nambangan menuntut masyarakat untuk lebih waspada dengan keberadaan sarang tawon di daerahnya tersebut. Masyarakat diminta tidak mengevakuasi sendiri sarang tawon yang ada di rumah atau pekarangannya apalagi untuk sarang yang berukuran besar.

Prosedur penanganan evakuasi sarang tawon vespa ini sebenarnya cukup sederhana. Namun, berbahaya jika dilakukan sendiri karena bisa menyebabkan demam bahkan bisa berujung kematian apabila terkena sengatan tawon vespa dalam jumlah banyak.

Doa bersama
Tim berdoa sebelum melakukan OTT sarang tawon vespa

Sarang tawon vespa berada di penuwun rumah Bapak Marianto, warga Dukuh Nambangan RT 02 RW 06 Desa Grogol, Kecamatan Weru, yang kebetulan rumah tersebut digunakan untuk produksi genteng press, sehingga karyawan yang bekerja merasa tidak tenang, terlebih di belakang rumah berada di pohon nangka juga terdapat sarang tawon vespa yang tak kalah besar dari pada yang ada di rumah.

Sehingga sebelum Ramadan, mereka sudah melaporkan keberadaan sarang tersebut kepada KOKAM Weru dan relawan. Padatnya kegiatan dan cuaca yang tidak mendukung maka tanggal 11 Maret 2024 pukul 21.30 WIB, tim baru bisa ke lokasi.

Sesampai di lokasi, tim melakukan asesmen keberadaan kedua sarang tawon tersebut. Setelah dianggap cukup melakukan asesmen, maka diambil keputusan penangan didahulukan untuk sarang yang ada di dalam rumah.

OTT sarang tawon
Eksekusi sarang tawon di dalam rumah

Setelah segala sesuatunya siap, maka kegiatan diawali dengan doa bersama. Penanganan sarang yang ada di dalam rumah selama 15 menit. Kemudian dilanjutkan penangan yang ada di pohon nangka dengan ketinggian 6 meter dari permukaan tanah.

Bakar sarang tawon
Sarang tawon vespa dibakar karena lokasi terlalu tinggi

Tingginya medan maka tim sepakat penanganan dengan cara dibakar. Sehingga tim mempersiapkan peralatan dan pencahayaan yang dibutuhkan. Alhamdulillah penanganan sarang tawon yang biasa di sebut OTT Tawon Vespa dapat berjalan dengan lancar.

Reporter: Kadir Sagiman

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.