√ Olympicad VII Bandung 2024 Resmi Ditutup, Jateng Meriah Juara Umum, Sangen Sumbang 4 Medali - Muhammadiyah Weru

Olympicad VII Bandung 2024 Resmi Ditutup, Jateng Meriah Juara Umum, Sangen Sumbang 4 Medali

Pada ajang Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) Nasional VII di Bandung yang merupakan ajang kompetisi pengembangan bakat dan minat ini, kontingen Sangen mengirim 21 peserta dalam rombongan delegasi Kabupaten Sukoharjo yang memperkuat Jawa Tengah.

Dari 21 peserta tersebut, yang 11 peserta mewakili MTs Sangen dan 10 peserta mewakili MA Ponpes Sangen. Kontingen Sangen mengikuti 7 dari 33 Mata Lomba, yaitu Story Telling, Ismu Arabic, Matematika, Tilawah, Hifdzul Qur'an, Kaligirafi, Fahmil Qur'an.

Alhamdulillah, dari sekian lomba yang diikuti, Sangen meraih 4 medali. Yaitu, 1 emas dari Ismu Arabic tingkat MTs, 1 emas dari Hifdzul Qur'an tingkat MA, 1 perak dari Hifdzul Qur'an tingkat MA, 1 perunggu dari Fahmil Qur'an tingkat MA.

Sangen juara
Sangen sumbang medali kemenangan Jawa Tengah

Olympicad (atau OlympicAd) singkatan dari Olympiade Ahmad Dahlan, agenda resmi Majelis Dikdasmen PNF Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang digelar setiap dua tahun sekali. Dan kali ini digelar di Bandung pada 6-8 Maret 2024.

Adapun pada pergelaran kali ini tema yang diusung adalah “Membangun Kreativitas, Menumbuhkan Prestasi, Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan Menuju Indonesia Emas 2045”. Momen itu juga menjadi ajang silaturahmi antara siswa dan guru Muhammadiyah se-Indonesia.

PendampingPara pendamping dan pembimbing Sangen

Pergelaran Olympicad VII ini diikuti oleh siswa, guru, dan kepala SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/SMK/MA Muhammadiyah se-Indonesia, sebanyak 7.873 peserta dari 29 propinsi.

Jawa Tengah sebagai penyumbang peserta terbanyak 2.586 orang dari 314 sekolah. Disusul Jawa Timur dengan peserta 888 orang dan yang ketiga tuan rumah Jawa Barat dengan peserta sebanyak 847 orang.

Mata lomba yang dilombakan terdiri enam kelompok yaitu, (1) olimpiade mata pelajaran, (2) kreativitas siswa, (3) guru berprestasi, (4) kepala sekolah berprestasi, (5) sekolah, dan (6) Al-Qur'an.

Mata lomba yang dilombakan beragam, mulai dari akademik, seperti fisika, kimia, matematika, ada pula musikalisasi puisi, story yelling, ismu english, robotik hingga e-sport. Dalam keagamaan juga ada tahfidzul Qur'an, fahmil Qur'an, ismu arabic, kaligrafi, dan lainnya.

Penutupan olympicad
Suasana meriah penutupan Olympicad

Seremonial pembukaan dilaksanakan di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung dan pelaksanaan lomba mengambil venue di lima tempat, yaitu di Universitas Muhammadiyah Bandung, Universitas Aisyiyah (Unisa) Bandung.

Kemudian Komplek Perguruan Muhammadiyah Antapani Bandung, Aisyiyah Boarding School (ABS) Bandung, dan Kompleks Perguruan Muhammadiyah Cilengkrang Bandung.

Penutupan OlympicAd VII Bandung 2024 dilaksanakan di Aula UMB jalan Soekarno Hatta Cipadung Kidul kota Bandung, Jawa Barat, sekaligus menobatkan kontingen Jawa Tengah sebagai Juara Umum peraih emas terbanyak. 

Dan usai pergelaran, kontingen Sangen melepas lelah dengan city tour keliling Kota Bandung, mengunjungi Museum Geologi, Museum Asia Afrika, Alun-Alun Bandung dan Masjid megah Al Jabbar.

Semoga ke depan Kontingen Sangen dan umumnya kontingen Weru semakin banyak yang ikut serta dan meraih prestasi di pagelaran ke VIII tahun 2026 insyaallah direncanakan pelaksanaannya di salah satu Propinsi Banten, Sulawesi Utara atau Aceh.

Nashrun minallahi wa fathun qarib

Reporter: Ustaz H. M. Saifudin, Lc, M.Ag

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.