√ SMK Muhammadiyah Watukelir Laksanakan Kunjungan Industri ke Malang dan Surabaya - Muhammadiyah Weru

SMK Muhammadiyah Watukelir Laksanakan Kunjungan Industri ke Malang dan Surabaya

Siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Watukelir melaksanakan Kunjungan Industri ke Jawa Timur, yakni ke Kota Malang dan Kota Surabaya. dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Kebekerjaan.

Kunjungan Industri (Visit Industrial) merupakan salah satu jenis kegiatan pembelajaran di luar lingkungan sekolah untuk menambah wawasan siswa dengan melihat secara langsung suasana industri yang sesuai dengan program keahlian masing-masing.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek.

Kegiatan luar lingkungan sekolah ini dilaksanakan pada hari Senin sampai Rabu, 5-7 Februari 2024. Diikuti siswa kelas XI sejumlah 236 anak dan 28 guru pendamping. Berangkat pukul 20.00 WIB, dengan titik kumpul di Masjid Baiturrahman Watukelir.

Diawali dengan pengarahan dari sekolah, tour leader dan doa bersama. Perjalanan ke Jawa Timur ini menggunakan 6 armada bus yang terbagi menjadi 2 tujuan berbeda, yakni Malang dan Surabaya.

Empat bus menuju ke Kota Malang, membawa para siswa Kelas XI Akuntansi, Kelas XI Manajemen Perkantoran dan Kelas XI Teknik Sepeda Motor, transit di Masjid Cheng Ho, sebuah masjid unik yang didominasi warna merah dengan arsitektur Cina.

Masjid Ceng Ho
Transit di Masjid Ceng Ho Malang

Kemudian 2 bus lagi, membawa para siswa Kelas XI TKJ menuju Surabaya dan transit di Masjid Al Akbar Surabaya. Bus sampai di tempat transit masing-masing pada hari Selasa pagi yang kemudian dilanjutkan dengan tempat tujuan Kunjungan Industri.

Masjid Al Akbar Surabaya
Transit di Masjid Al Akbar Surabaya

Tujuan Kunjungan Industri berbeda sesuai dengan program keahlian masing-masing. Kelas XI Akuntansi dan Manajemen Perkantoran meluncur ke PT Kosmetikatama Super Indah dengan produk kosmetik bermerk Inez yang telah berdiri sejak tahun 1998 di Singosari Malang.

Inez kosmetik
Berkunjung ke produsen kosmetik Inez

Kegiatan di PT Kosmetikatama Super Indah secara umum yaitu pembukaan dan sambutan, pemaparan materi, demo make up, kunjungan ke bagian produksi, tester produk dan diakhiri dengan berfoto bersama.

Motor Happy
Kunjungan ke produsen motor Happy

Untuk para siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor berkunjung ke PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor Malang, perusahaan ini memulai perakitan sepeda motor dan memproduksi merk motor Nasional “Happy” untuk daerah Jawa Timur.

Kenang-kenangan
Penyerahan kenang-kenangan ke PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor

Kegiatan di PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor yaitu pembukaan, pemaparan profil perusahaan, kunjungan ke bagian perakitan sepeda motor, sesi tanya-jawab diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama.

PT Omadata
Kunjungan ke PT Omadata

Selanjutnya, para siswa Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan menuju ke PT Omadata Padma Indonesia, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang data center infrastructure di Surabaya.

Kenang-kenangan
Penyerahan kenang-kenangan untuk PT Omadata

Kegiatan siswa di PT Omadata Padma Indonesia adalah pembukaan, pemaparan profil perusahaan, kunjungan ke data center dan diakhiri penyerahan kenang-kenangan serta foto bersama.

Kegiatan Kunjungan Industri ini diharapkan dapat mengenalkan peserta didik terhadap dunia kerja dan budaya kerja yang sesungguhnya dengan melihat secara langsung di pabrik yang sesuai program keahlian.

Selain itu harapannya, di masa mendatang dapat terjalin kerja sama antara SMK Muhammadiyah Watukelir dengan industri yang telah dikunjungi, sehingga peserta didik dapat belajar dan magang atau kerja pada industri tersebut.

Kunjungan industri selesai dan dilanjutkan istirahat menginap di hotel Malang. Hari ketiga berlanjut dengan kunjungan wisata ke Jatim Park 1 dan Jatim Park 3. Seluruh peserta menikmati wahana dan permainan yang ada di sana dan juga berburu oleh-oleh di pasar.

Jatim Park 1 adalah sebuah taman wisata dengan berbagai wahana permainan yang memadukan konsep edukasi dan hiburan, layaknya laboratorium interaktif raksasa yang bisa membuat pengetahuan bertambah.

Destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika ini menyajikan berbagai wahana yang bisa dicoba seperti roller coaster, waterboom, science center, dan fasilitas lain seperti pasar wisata hingga toko souvenir. 

Sementara Jatim Park 3 atau Dino Park mengusung konsep wisata keluarga masa kini. Bisa 'bertemu' dan belajar tentang dinosaurus. Beragam wahana yang ada di antaranya adalah The Legend Star Park dengan konsep berbagai negaranya, Ice Age, Museum Musik Dunia, hingga Infinity World yang sangat instagramable.

Acara diakhiri dengan makan malam lalu salat Magrib dan Isya, sebelum kemudian dilanjutkan dengan perjalanan pulang. Keenam bus sampai di SMK Muhammadiyah Watukelir pada hari Kamis dini hari jam 01.00 WIB, dalam keadaan selamat dan sehat. Alhamdulillah.

Reporter: Kusnia Arianto

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.