√ MIM Sidowayah Program Unggulan Laksanakan Dauroh Tahfidz dan Tahsin di Pesantren Tahfidz Al Kahfi Gunungkidul - Muhammadiyah Weru

MIM Sidowayah Program Unggulan Laksanakan Dauroh Tahfidz dan Tahsin di Pesantren Tahfidz Al Kahfi Gunungkidul

Sejumlah 137 siswa MIM Sidowayah Program Unggulan kelas 4 sampai 6, mengikuti dauroh tahfidz dan tahsin ke Pondok Pesantren Tahfidz Al Kahfi yang beralamat di Ngringin, Jatiayu, Karangmojo, Gunungkidul.

MIM Sidowayah
Siswa MIM Sidowayah ikuti dauroh ke Ponpes Al Kahfi Gunungkidul

Dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada hari Jumat hingga Sabtu, 2-3 Februari 2024. Berangkat dari lapangan MIM Sidowayah pukul 07.00 WIB didampingi segenap dewan guru dan Kamad MIM Sidowayah Ibu Hj. Sukini, S.Ag, M.Pd.I.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memotivasi siswa mempelajari Al-Qur’an secara mendalam dan menguji bacaan Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid, sehingga terbentuk karakter siswa sebagai generasi cinta Al-Qur’an.

Acara pendukung kegiatan ini di antaranya adalah ujian tahfidz juz 30 dan 29 sekali duduk, pensi islami, mendongeng, dan jelajah alam (tadabur alam) di suasana pesantren yang masih asri pedesaan.

Kamad MIM Sidowayah berharap agar madrasah yang beliau pimpin nantinya banyak mencetak para hafiz Qur’an. Melalui dauroh kali ini diharapkan siswa bisa fokus untuk menghafal dan memperbaiki bacaan Al-Qur’an secara intensif.

Santri
Merasakan menjadi santri pesantren

Mudir Pesantren Tahfidz Al Kahfi Ustaz Sudadi, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa tantangan global saat ini semakin menggerus moral para generasi muda Islam, salah satu fondasi yang harus dibangun adalah membentuk generasi yang lebih cinta pada agamanya dan dekat dengan Al-Qur’an.

Kegiatan dauroh tahfidz dan tahsin di Pesantren Tahfidz Al Kahfi Gunungkidul ini dilaksanakan 2 hari menginap semalam, sambil mengenalkan keseharian pesantren kepada para siswa. Dari pembagian kamar, pembelajaran, salat berjemaah, tahajud, dan sebagainya.

Semoga dengan kegiatan ini, para siswa bisa belajar banyak hal. Mendekatkan dengan kehidupan pesantren yang harapannya nanti bisa melanjutkan belajar di pondok. Semoga menambah motivasi dalam menghafalkan Al-Qur’an. Aamiin.

Kontributor: Bapak Erwan Susanto, S.Pd.I

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.