√ Siswa Kelas 3 MI Muhammadiyah Gangin Praktik Pembuatan Kincir Air Sederhana - Muhammadiyah Weru

Siswa Kelas 3 MI Muhammadiyah Gangin Praktik Pembuatan Kincir Air Sederhana

Energi merupakan kemampuan untuk melakukan gerak. Air yang mengalir mempunyai energi untuk menggerakkan benda. Salah satu alat yang memanfaatkan energi gerak air adalah kincir air.

Air merupakan sumber energi yang murah dan relatif mudah didapat, karena pada air tersimpan energi potensial (pada air jatuh) dan energi kinetik (pada air mengalir).

Tenaga air (hydropower) adalah energi yang diperoleh dari air yang mengalir. Energi yang dimiliki air dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam wujud energi mekanis maupun energi listrik.

Pemanfaatan energi air banyak dilakukan dengan menggunakan kincir air yang memanfaatkan adanya suatu air terjun atau aliran air di sungai. Kincir air adalah sebuah bangunan air berbentuk lingkaran yang ditempatkan di sungai.

Kincir air sederhana
Siswa kelas 3 MIM Gangin membuat kincir air sederhana

Pada hari Senin, 26 Februari 2024, siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Gangin diajak bersama-sama praktik membuat kincir air sederhana. Alat dan bahan kincir air meliputi stik, botol bekas, tutup botol bekas, sedotan, lem tembak, gunting, dan curter serta nampan.

Membuat kincir air
Membuat kincir air sederhana

Cara Membuat Kincir Air Sederhana


Berikut ini adalah cara pembuatan kincir air sederhana yang dipraktikkan anak-anak kelas 3 MI Muhammadiyah Gangin. Sangat mudah dan memang asyik untuk dikerjakan bersama teman-teman.

  1. Menyiapkan alat dan bahannya.
  2. Ambil tutup botol 2 biji yang sama ukurannya kemudian lubangi untuk memasukkan stiknya.
  3. Setelah terpasang stiknya, kemudian tutup botol dipasang di ujung stik dengan mengunakan lem tembak.
  4. Buat penyangga kincir air dan penyangga tandon berupa botol
  5. Botol dilubangi 2, atas dan bawah. Setelah dilubangi dikasih sedotan.

Kincir air
Anak-anak perlihatkan hasil karyanya

Tujuan praktik kali ini adalah agar siswa mengerti kegunaan dan manfaat kincir air. Salah satu manfaatnya adalah sebagai pembangkit tenaga listrik dan membantu proses irigasi.

Pak guru
Pak Guru memamerkan karya murid-murid

Pada saat pembuatan kincir air siswa sangat antusias dan senang, meskipun prosesnya harus dilakukan dengan penuh kesabaran. Tentu saja anak-anak senang begitu mereka selesai membuat kincir air sederhana ini.

Reporter: Bapak Shidiq Ikhsanudin, S.Pd.I

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.