√ Rihlah Ilmiah PPTQM Atmo Wahjono ke Museum Muhammadiyah Kenalkan Sejarah Persyarikatan pada Santri - Muhammadiyah Weru

Rihlah Ilmiah PPTQM Atmo Wahjono ke Museum Muhammadiyah Kenalkan Sejarah Persyarikatan pada Santri

Senin, 11 Desember 2023. Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Insani (MPK-SDI) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Weru bersama-sama dewan asatiz dan para santri Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Muhammadiyah (PPTQM) Atmo Wahjono melaksanakan kegiatan rihlah ilmiah ke  Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan berkunjung ke Museum Muhammadiyah Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan bentuk dan model kaderisasi yang diawali dengan mengenalkan sedini mungkin tentang Sejarah Organisasi Muhammadiyah dengan lebih mendalam. Mulai tentang sejarah berdiri sampai dengan berkembangnya hingga sekarang ini.

Sebelum masuk museum, rombongan diterima di Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan. Tim PMB UAD menyampaikan beberapa materi dan motivasi sekaligus mengenalkan profil universitas.

Rihlah Ilmiah Atmo Wahjono
Rihlah ilmiah kenalkan
sejarah Muhammadiyah

Tim PMB juga menyampaikan kiat-kiat sukses masuk ke Universitas Ahmad Dahlan, sebagai gambaran bagi santri yang berminat meneruskan studi ke sana. Sehingga ke depan para santri bisa menjadi kader umat, kader bangsa, dan kader persyarikatan.

Setelah kegiatan seremonial di Islamic Center UAD, barulah kemudian para santri mengikuti kegiatan di Museum Muhammadiyah. Santri dikenalkan lebih jauh mulai dari berdirinya organisasi Muhammadiyah sampai dengan perkembangannya sekarang.

Para santri juga bisa melihat sejarah perjalanan Muhammadiyah yang penyajiannya dipadukan dengan teknologi canggih. Di Museum ini selain untuk rekreasi, juga sekaligus bisa untuk sarana edukasi.

Hal ini sesuai dengan visi dam misinya bahwa Museum Muhammadiyah didirikan untuk merekam jejak langkah perjuangan para pendiri Muhammadiyah dengan cara melestarikan tinggalan sejarah yang disajikan dalam peragaan yang komunikatif dan edukatif yang bisa diambil hikmahnya bersama.

Pengunjung bisa mengambil spirit dari nilai luhur dan pengalaman sejarah Muhammadiyah. Selain itu para santri juga diharapkan dapat membentangkan cakrawala wawasan ke depan dengan lebih bijaksana dan berpartisipasi dalam gerak sejarah Muhammadiyah berikutnya.

Dari kegiatan ini, Bapak Drs. Sumanta sebagai ketua MPK SDI PCM Weru berharap, semoga dengan adanya kegiatan Rihlah Ilmiah PPTQM Atmo Wahjono ke Museum Muhammadiyah ini menjadi bentuk pendidikan kader persyarikatan.

Pendidikan yang khususnya dalam hal peneguhan ideologi keislaman dan kemuhammadiyahan sehingga akhirnya para santri bisa menjadi kader Muhammadiyah yang semakin mantap dan istikamah dalam bermuhammadiyah.

Reporter: Bapak Sunardi, S.Pd, M.Pd

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.