√ Muhammadiyah Weru Gelar Pengobatan Gratis dalam Rangka Milad Muhammadiyah ke-111 - Muhammadiyah Weru

Muhammadiyah Weru Gelar Pengobatan Gratis dalam Rangka Milad Muhammadiyah ke-111

Majelis Pembinaan Kesehatan Umum dan Pelayanan Sosial (MPKU-PS) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Weru bekerja sama dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo, menyelenggarakan kegiatan pengobatan gratis untuk masyarakat di Kecamatan Weru.

Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian peringatan Milad Muhammadiyah yang ke-111. Sekaligus memperingati Milad Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo yang ke-7. Didukung oleh PCPM Weru, PRM Krajan, PRA Krajan, dan Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen.

Pengobatan gratis
Antusiasme masyarakat ikuti
kegiatan pengobatan gratis

Dilaksanakan pada hari Ahad, 3 Desember 2023 atau 19 Jumadil Ula 1445 H, dimulai sekira pukul 08.30 WIB hingga selesai bersamaan waktu Salat Zuhur tiba. Kegiatan sosial ini digelar di Masjid Al Hidayah, Dukuh Sangen, Desa Krajan, Kecamatan Weru.

Untuk peserta yang hadir dalam kegiatan pengobatan gratis ini, untuk lebih tertib dan lancarnya acara, panitia membagikan kupon dengan ketentuan setiap ranting di se-Kecamatan Weru mendapat hak 10 kupon.

Ketua PCM Weru Bapak H. Sumardi, S.Pd.I dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program MPKU-PS PCM Weru yang baru dikukuhkan pasca Musycab. Beliau juga menyampaikan rencana mendirikan politren (poliklinik pesantren) di lingkungan Ponpes Sangen dan minta dukungan seluruh masyarakat.

Pak Sumardi juga menyampaikan harapan agar kelak, tak hanya politren yang bisa didirikan oleh MPKU-PS, tapi juga poliklinik yang bisa melayani masyarakat secara umum. Sehingga lebih memberikan kebermanfaatan bagi banyak orang.

Sambutan
Para tokoh memberikan sambutan
pada acara pembukaan bakti sosial

Kepala Desa Krajan Bapak Sutejo yang berkenan hadir, dalam sambutan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Muhammadiyah Weru ini. Beliau juga menyatakan dukungan pada program MPKU-PS di Desa Krajan yang telah disampaikan oleh Ketua PCM Weru tadi.

Mewakili Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo, Bapak dr. Arifin Setiawan menyampaikan sambutan. Beliau senang dengan rencana pendirian politren di Sangen dan menyatakan PKU siap memberikan support pada politren nantinya.

Sambutan dari Ketua MPKU-PS Bapak Ahmadi, beliau menyampaikan bahwa di PCM Weru telah banyak kegiatan dari Majelis Dikdasmen berupa sekolah-sekolah dari berbagai jenjang pendidikan. Untuk itu, Majelis PKU-PS akan aktif dalam giat sosial terutama dalam kesehatan umat.

Selanjutnya, sebelum kegiatan layanan pengobatan dimulai, hadirin diajak berdoa bersama untuk kelancaram acara. Doa dipimpin oleh Mudir Ponpes Modern Muhammadiyah Sangen Ustaz M. Saifudin, Lc., M.Ag.

Kegiatan berlangsung dengan lancar. Menurut Sekretaris MPKU-PS Bapak Muhammad Fakhurrozi, S.Sos, jumlah peserta yang hadir adalah 149 orang. Layanan yang bisa didapatkan adalah pemeriksaan umum, cek kolesterol, asam urat, gula darah, dan sebagainya. Termasuk penyediaan obat-obatan.

PKU Sukoharjo
Suasana pemeriksaan
kesehatan masyarakat

Adapun yang bertugas dalam pelayanan kesehatan ini adalah dr. Arifin Setiawan, dr. Afrizal Adi Nugroho, dan dr. Fatimah Yassin. Dibantu sejumlah 12 tenaga medis. Untuk teknis dibantu Takmir Masjid Al Hidayah, anggota MPKU-PS PCM Weru, dan Kokam yang mengamankan acara ini.

Pengobatan gratis ini terselenggara atas dukungan donasi dan partisipasi dari umat Islam Kecamatan Weru yang terkumpul dana sebesar Rp16.000.000 (enam belas juta rupiah). Semoga kegiatan ini membawa kebaikan bagi kita semua.

Kontributor: Nur Ali Setiawan
Sumber konten dari Facebook Sarwiji Majid

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.