√ Berdiri Sejak 1967, BA Aisyiyah Grogol 1 Aktif Mengabdi untuk Pendidikan Pra Sekolah di Grogol Weru - Muhammadiyah Weru

Berdiri Sejak 1967, BA Aisyiyah Grogol 1 Aktif Mengabdi untuk Pendidikan Pra Sekolah di Grogol Weru

BA Aisyiyah Grogol 1 merupakan salah satu amal usaha Aisyiyah ranting Grogol cabang Weru. Bustanul Athfal yang sudah berusia 57 tahun ini mengabdikan diri di bidang pendidikan pra sekolah dengan segala liku-liku tantangan yang ada.

Pada awal berdirinya tahun 1967 BA Aisyiyah belum mempunyai gedung sendiri, sehingga saat itu menumpang di perumahan warga untuk menyelenggarakan pendidikannya. Setelah itu diberi ruangan menjadi satu gedung dengan MIM Grogol 1.

Oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Grogol, Tahun 1997, BA Grogol 1 dibangunkan satu gedung dengan ukuran 5x6 meter sebagai tempat pembelajaran, karena perkembangan siswa semakin bertambah maka ruang yang ada tidak memadai, sehingga di sebelah barat didirikan rumah limasan untuk memenuhi kekurangan ruang belajar.

BA Aisyiyah Grogol 1
Kegiatan anak-anak BA Aisyiyah Grogol 1

Siswa yang ada saat ini bukan hanya dari Desa Grogol, namun berasal dari luar Desa Grogol. Saat ini siswa kelas A 38 siswa, sementara kelas B 26 dengan tenaga pengajar 2 guru 1 kepala dibantu ustazah yang mengampu tahfizh 2 orang.

Untuk memberikan penguatan hafalan surat-surat pendek, hafalan hadis dan hafalan doa setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai, siswa kelas A dan siswa kelas B, dikumpulkan menjadi satu di aula yang merupakan gedung baru berbentuk limasan hasil dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah Grogol atas sumbangan dari DR Hartanto.

Penguatan hafalan setiap pagi dimulai dari pukul 07.00 dan berakhir jam 08.00 WIB, untuk bisa mengetahui kemampuan siswa dalam menghafal materi, anak diminta untuk maju secara bergantian menyampaikan hafalan dimaksud.

Kegiatan BA
Suasana pembelajaran anak-anak

Tak terkecuali pada hari Kamis, 25 April 2024 saat penulis berkunjung, baru dilaksanakan penguatan hafalan di aula yang diikuti seluruh siswa dengan didampingi oleh seluruh guru yang ada. Agar lebih tercapai penguatan surat, hadis, dan doa maka dibentuklah jadwal setiap harinya.

Ibu Rini Tri Ristanti selaku Kepala BA Grogol 1 menyampaikan, “Untuk penguatan calistung (baca tulis hitung) bagi siswa yang kurang selain pendampingan dalam pembelajaran juga dilaksanakan tambahan jam setelah pembelajaran selesai. Sehingga lulusan dari BA Grogol 1 hafalan surat, doa, hadis dan calistung sudah lancar.”

Reporter: Bapak Kadir Sagiman

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.