√ Sambut Ramadhan 1445 H, SMK Muhammadiyah Watukelir Gelar Bakti Sosial dan Pengajian Akbar - Muhammadiyah Weru

Sambut Ramadhan 1445 H, SMK Muhammadiyah Watukelir Gelar Bakti Sosial dan Pengajian Akbar

Dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadan 1445 H dan mengisi masa jeda tengah semester, SMK Muhammadiyah Watukelir melaksanakan kegiatan bakti sosial dan pengajian akbar. Rangkaian acara dilaksanakan mulai hari Rabu-Jumat, 6-8 Maret 2024.

Kegiatan Bakti Sosial


Rabu dan Kamis, 6-7 Maret 2024 dilaksanakan kegiatan bakti sosial kebersihan masjid. Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan dari projek P5 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan.
Bakti sosial melibatkan seluruh siswa kelas X dan guru.

Sasaran dari kegiatan ini adalah masjid dan musala yang berada di sekitar SMK Muhammadiyah Watukelir mencakup wilayah Kecamatan Weru, Kelurahan Manyaran, Lemahbang, dan Semin dengan total masjid dan musala sejumlah 26 tempat.

Bersih-bersih masjid
Bersih-bersih masjid

Kegiatan yang dilakukan meliputi bersih-bersih masjid dan lingkungan masjid. Kegiatan ini mendapatkan tanggapan positif dari takmir masjid dan warga lingkungan sekitar. Hal ini terlihat dari banyaknya warga sekitar yang memberikan minum dan snack untuk siswa siswi yang sedang berkegiatan.

SMK Muh Watukelir
Siswa SMK Muh Watukelir baksos bersih masjid

Salah satu takmir dari Mushola Al Abrar, Tlemek, Karanganyar mengucapkan terima kasih, karena kegiatan bakti sosial ini dapat membantu dalam hal kebersihan masjid dan lingkungan sekitar.

Pengajian Akbar


Jumat, 8 Maret 2024 SMK Muhammadiyah Watukelir melaksanakan pengajian akbar dalam rangka tarhib Ramadan 1445 H dengan tema “Memaksimalkan Bekal Menyambut Bulan Amal”. Kajian disampaikan oleh Bapak Drs. Muh Widodo, M.Pd. dari Kartasura.

Pengajian
Pengajian akbar oleh Pak Muh Widodo

Acara yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, XII serta guru dan karyawan ini, diawali dengan Salat Duha dan zikir pagi bersama, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi.

Materi pengajian di antaranya adalah bahwa kegiatan tarhib Ramadan merupakan salah satu sunah Rasul karena kegiatan dimaksudkan untuk menyambut datangnya bulan yang mulia yaitu bulan Ramadan.

Kenangan
Penyerahan kenang-kenangan untuk pemateri

Selain itu disampaikan juga persiapan-persiapan dalam menyambut puasa Ramadan yaitu persiapan hati, fisik dan harta. Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan tanya jawab. Acara diakhiri dengan doa dan penyerahan kenang-kenangan untuk pemateri.

Reporter: Kusnia Arianto

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.