√ KOKAM Weru Bersama Relawan Grogol, Destana Tegalsari, dan Relawan Weru Lakukan Asesmen Pasca Hujan Lebat di Weru - Muhammadiyah Weru

KOKAM Weru Bersama Relawan Grogol, Destana Tegalsari, dan Relawan Weru Lakukan Asesmen Pasca Hujan Lebat di Weru

Hujan deras dan durasi lama melanda wilayah Kecamatan Weru pada hari Selasa, 5 Maret 2024. Hujan disertai kilatan sejak pukul 15.20 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB. Namun, sampai pukul 21.41 WIB  masih diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Relawan KOKAM Weru segera bergerak merespon situasi. Sehubungan hari ini ada dua agenda yaitu PAM pengajian dan asesmen pasca hujan lebat, maka personil KOKAM Weru bagi menjadi dua tim.

Satu tim sebagai PAM pengajian menyambut bulan suci Ramadan di Masjid Nurrohim Nambangan, satu tim melakukan pemantauan wilayah antisipasi dampak banjir di Kecamatan Weru ini.

KOKAM Weru sebagai salah satu unsur relawan kebencanaan di Kecamatan Weru bersama Relawan Weru, Destana Tegalsari, dan Relawan Grogol, bakda Salat Isya melakukan asesmen wilayah pasca hujan deras.

Asesmen banjir
Menyusur sungai amankan situasi

Tim melakukan penyisiran sungai yang ada di Kecamatan Weru, dari Sungai Tosanaji, Sungai Gajing, Sungai Situri, dan Sungai Siluwur. Hasil pantauan tim, seluruh sungai mengalami peningkatan debet air dengan rata-rata ketinggian hampir penuh.

Dalam pelaksanaan asesmen wilayah KOKAM Weru melengkapi diri dengan peralatan dan perlengkapan: armada mobil KOKAM, genset, lampu tembak, lampu senter, gancu, genter, tramontina/parang, dan APD meliputi jas hujan, sepatu bot, pelampung, dan helm.

Pasca hujan lebat yang melanda di wilayah Kecamatan Weru, SAR, BPBD, dan PMI Kabupaten Sukoharjo juga melakukan monitoring ke bawah untuk mengetahui secara langsung kondisi terdampak.

Setelah diyakini beberapa wilayah sudah menunjukan penurunan permukaan air, maka SAR, PMI, dan BPBD Kabupaten Sukoharjo kembali ke markas pukul 20.45 WIB.

Relawan Weru
Relawan yang selalu siap siaga

KOKAM Weru dan Relawan Weru setelah selesai melakukan penyisiran wilayah, selanjutnya standby ke kantor induk kecamatan dengan koordinasi bersama Plt Kasi Trantib Kecamatan Weru.

Semoga hujan yang turun ini membawa keberkahan dan tidak berdampak buruk bagi masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Weru. Salam sehat selalu untuk para relawan dengan jiwa pedulinya yang tinggi luar biasa.

Reporter: Bapak Kadir Sagiman

Get notifications from this blog

2 komentar

  1. Semangat terus KOKAM Weru dan para relawan Weru..masya Allah. Salut banget dengan kesigapannya melakukan tindakan preventif bencana banjir. Sehat selalu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Luar biasa memang, semangat dan kepeduliannya.

      Hapus

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.