√ Giat Fogging KOKAM Weru, Relawan Grogol, dan Relawan Weru bersama Puskesmas Weru di Dukuh Kalimider Cegah KLB Demam Berdarah - Muhammadiyah Weru

Giat Fogging KOKAM Weru, Relawan Grogol, dan Relawan Weru bersama Puskesmas Weru di Dukuh Kalimider Cegah KLB Demam Berdarah

Bermunculan kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Dukuh Kalimider, Desa Tegalsari, Kecamatan Weru, membuat resah warga. Dalam rangka mencegah terjadinya KLB DBD lebih lanjut, warga mengajukan pengasapan atau fogging agar bisa terbebas dari ancaman wabah tersebut.

Pelaksanaan fogging pada hari Jumat, 23 Februari 2024 pagi, oleh Puskesmas Weru bekerja sama dengan teman-teman Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Weru, Relawan Grogol dan Relawan Weru.

Fogging mandiri
Persiapan fogging di Dukuh Kalimider

Sebelum dilaksanakan fogging, masyarakat Dukuh Kalimider RT 04 RW 02 Desa Tegalsari telah melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan rumah masing-masing, pada hari Kamis, 22 Februari 2024.

Adapun sasaran pengasapan pagi ini adalah saluran air, taman, rumah warga dan tempat-tempat lain yang diduga menjadi tempat berkembang-biaknya nyamuk aedes aegypti yang merupakan jenis nyamuk kosmopolitan pembawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

Dengan merebaknya demam berdarah di musim pancaroba maka KOKAM Weru bersama Relawan Grogol dan Relawan Weru bersinergi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, berupa pengasapan seperti yang dilaksanakan di Dukuh Kalimider ini.

Adapun dalam kegiatan fogging ini, bahan yang dipakai adalah insektisida, solar dan pertalite. Sementara peralatan yang digunakan adalah mesin fogging, gelas ukur, ember, pengaduk dan corong. Petugas dan relawan mengenakan baju kerja, masker, helm safety, sepatu bot, dan sarung tangan.

Giat sosial untuk kesehatan masyarakat ini sebagai bentuk layanan bagi masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Weru. Terutama bagi dukuh yang terkena wabah DBD, bisa mengajukan fogging kepada tim relawan.

Fogging Relawan Weru
Fogging untuk membasmi nyamuk pembawa DBD

Masyarakat yang ingin mengajukan fogging ke KOKAM Weru, Relawan Grogol dan Relawan Weru, menurut Bapak Kadir Sagiman selaku koordinator, harus memperhatikan dan menerima SOP (standar operasional prosedur) yang telah di susun oleh tim relawan.

Adapun SOP yang telah disusun oleh KOKAM Weru, Relawan Grogol dan Relawan Weru, terkait pengajuan pengasapan sarang nyamuk adalah sebagai berikut ini.

  1. Pengurus RT sudah melakukan musyawarah bersama warga dan memastikan bahwa tidak ada yang menolak dilakukan fogging
  2. Warga sebelumnya telah melakukan PSN di wilayahnya
  3. Ketua RT dan Kepala Desa setempat sudah mengizinkan pelaksanaan fogging
  4. Ketua RT mengajukan surat permohonan fogging  
  5. Relawan melakukan survei lokasi untuk memastikan bahwa tidak ada gerumbul semak belukar atau tumbuhan liar di pekarangan kosong
  6. Pelaksanaan fogging jam 06.00 - 08.00 WIB, apabila belum selesai dilanjut hari berikutnya
  7. Fogging dilaksanakan di dalam dan di luar rumah, sebelum di-fogging bahan makanan dan alat makan ditutup dengan plastik, pintu utama dibuka
  8. Relawan menyiapkan obat fogging, pihak RT menyiapkan solar dan pertalite yang dibutuhkan
  9. Fogging ini tidak ditarik biaya sama sekali
  10. Tidak melayani fogging perseorangan

Nomor yang bisa dihubungi untuk pengajuan fogging adalah 081548771992 (Pak Kadir). Semoga bermanfaat.

Kontributor: Bapak Kadir Sagiman

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.