√ Ngangsu Kawruh, Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen Berkunjung ke Pesantren Al Mukmin Ngruki - Muhammadiyah Weru

Ngangsu Kawruh, Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen Berkunjung ke Pesantren Al Mukmin Ngruki

Dalam rangka ngangsu kawruh atau menimba ilmu, Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen melaksanakan kunjungan ke Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Sukoharjo, pada hari Senin, 22 Januari 2024 sekira pukul 10.30 WIB.

Kunjungan ini adalah untuk menjalin silahturahmi serta menimba keilmuan pengelolaan pesantren ke pondok pesantren yang sudah berdiri sejak tahun 1974 tersebut. Agar langkah Pondok Sangen bisa lebih maju ke depannya.

Kegiatan ini diikuti sejumlah 21 orang, baik pengurus, asatiz, maupun musyrif Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen, dan dipimpin langsung oleh Ustaz Muhammad Saifudin, Lc., M.Ag selaku mudir.

Sesampainya di Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Sukoharjo, rombongan disambut para pimpinan pondok, termasuk Ustaz Yahya Abdurrahman, S.Pd.I, selaku mudir Pondok Ngruki.

Pondok Sangen
Pondok Sangen ke Pondok Ngruki

Ustaz Saifudin menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan rombongan dari Weru ini. Beliau berharap kunjungan ini bisa menjadi sarana silahturahmi serta pembelajaran banyak hal bagi para pengelola dan pendidik di Pondok Sangen.

Ustaz Yahya Abdurrahman menyambut dengan senang hati atas niat baik tersebut. Pertemuan dilaksanakan dengan suasana ramah-tamah. Mudir Pondok Ngruki ini lantas menyampaikan sepintas tentang sejarah berdirinya Ponpes Al Mukmin hingga kini.

Berjuang dalam mengelola pesantren adalah berjuang dengan keikhlasan. Ikhlas menjadi dasar ketika menghadapi problematika yang ada di pesantren. Selanjutnya, jiwa dibangun dengan ukhuwah untuk mempersatukan visi dan misi setiap sumber daya manusia yang terlibat dalam pesantren.

Kesederhanaan, pengorbanan, dan kemandirian yang dirangkum dalam keikhlasan serta menumbuhkan jiwa ukuwah. Selain itu juga harus menerapkan panca disiplin, yakni disiplin ibadah, disiplin akhlak, disiplin belajar, disiplin lingkungan, dan disiplin bahasa.

Asatiz Sangen
Asatiz Ponpes Sangen ngangsu kawruh
ke Ponpes Ngruki

Pesan Ustaz Yahya Abdurahman kepada asatiz Pondok Sangen agar segala sesuatunya selalu didasari keikhlasan jangan berharap tentang finansial di pesantren. Semangat harus tumbuh ketika mengelola pesantren dan penuh kesabaran.

Setelah acara ramah-tamah, para tamu diajak berkeliling gedung melihat secara langsung bagaimana suasana pengasuhan di Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Sukoharjo.

Semoga dengan kunjungan ngangsu kawruh di Pondok Ngruki yang sungguh luar biasa ini, hasilnya nanti bisa menjadi bahan diskusi evaluasi dan pembaruan di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen agar lebih baik lagi ke depannya.

Kontributor: Bapak Teguh Kurniawan, S.Pd

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.