√ Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1 PR IPM SMA Muhammadiyah 3 Watukelir 2023/2024 - Muhammadiyah Weru

Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1 PR IPM SMA Muhammadiyah 3 Watukelir 2023/2024

Kegiatan Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1 (PKDTM 1) merupakan salah satu bentuk program kerja dari PC IPM Weru yang dilakukan untuk melatih kader dari setiap ranting di Kecamatan Weru.

Kali ini giliran para kader IPM di SMA Muhammadiyah 3 Watukelir atau biasa disingkat SMA Muhtiwa. PKDTM 1 dihadiri oleh fasilitator dari PD IPM Sukoharjo dan PC IPM Weru.

Fasilitator yang bertugas terdiri dari MOT oleh Luqmanul Fattah, S.Pd, ASMOT oleh Muhammad Hanif, S.Pd, IOT oleh Desta Fais, Observer oleh Hanif Nashiruddin, dan MOG oleh Vina Agustina.

Pelatihan kader dasar yang dilaksanakan selama 2 hari, dari 9-10 Desember 2023 ini dibuka secara langsung oleh Kepala SMA Muhtiwa Bapak H. Luqman Alfattah, S.Pd.I. Tema yang diangkat adalah “Mewujudkan Pelajar Muhtiwa yang Bertanggung Jawab dan Semangat Berkemajuan”.

Pelatihan dasar IPM
Kepala SMA Muhtiwa
membuka PKDTM 1

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan materi pertama yakni Al Islam yang disampaikan oleh Bapak Kamasah, S.Ag, salah satu guru agama di SMA Muhtiwa.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak belajar. Berbeda dengan di sekolah-sekolah lain, di SMA Muhtiwa ini kontrak belajar/peraturan selama TM1 ini ditulis dengan bahasa inggris.

SMA Muhtiwa
Pelaksanaan pelatihan
selama 2 hari di SMA Muhtiwa

Hal ini karena yang ditunjuk sebagai Pak Lurah dan Bu Lurah (penanggung jawab) adalah siswa kelas X PK bernama Syahidin yang dipanggil Pak Syahidin dan siswi kelas XI PK bernama Nayla Dzakira Labibah yang mempunyai nama panggilan Bu Joko,menyukai pelajaran bahasa Inggris sehingga menulis kontrak belajar dengan bahasa Inggris.

Kegiatan selanjutnya yaitu Materi Kemuhammadiyahan dilanjutkan dengan FGD (forum group discussion), materi Ke-IPM-an dan administrasi. Di malam hari diisi dengan kegiatan jurit malam yang mengangkat tema mengemban amanah.

Lanjut hari kedua, pada paginya, kegiatan diisi dengan olahraga bola volly di halaman SMA Muhtiwa dilanjutkan dengan FGD, rancangan tindak lanjut, dan diakhiri dengan prosesi penutupan.

Reporter: Muhammad Hanif, S.Pd

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.