√ Rihlah Ilmiah, Upaya Ponpes Modern Muhammadiyah Sangen Kenalkan Ekosistem Akademis ke Kampus UAD dan Museum Muhammadiyah - Muhammadiyah Weru

Rihlah Ilmiah, Upaya Ponpes Modern Muhammadiyah Sangen Kenalkan Ekosistem Akademis ke Kampus UAD dan Museum Muhammadiyah

Kamis, 9 November 2023 bertepatan dengan 25 Rabiul Akhir 1445 H, Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen (PPMS) mengadakan kegiatan studi kampus ke Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Selain itu juga kunjungan ke Museum Muhammadiyah, yang letaknya di Kampus 4 UAD, Jalan Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pondok Sangen rihlah
Rihlan PPM Sangen ke UAD
dan Museum Muhammadiyah

Kegiatan ini sebagaimana disampaikan Ustaz H. M. Saifudin, Lc., M.Ag. selaku mudir PPMS, bertujuan untuk mengenalkan jenjang dunia pendidikan selanjutnya setelah sekolah menengah.

Harapannya tentu saja setelah lulus para santri mampu melanjutkan bangku akademiknya sampai kepada perguruan tinggi, khususnya Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA).

Kegiatan ini diikuti sekitar empat ratus peserta yang terdiri dari tiga ratus sekian santriwan dan santriwati PPMS, dan sisanya adalah dewan asātiz dan ustāzāt serta keluarga yang turut berpartisipasi.

Setiba di lokasi, sambutan hangat disampaikan oleh pihak kampus UAD kepada rombongan PPMS yang tiba di halaman kampus dengan nuansa islami tersebut dengan armada sepuluh bus.

“Selamat datang rombongan PPM Sangen. Terima kasih atas kunjungannya yang telah mengutus tamu terbanyak pertama kali yang mengunjungi UAD sebanyak empat ratus orang, tepuk tangan untuk kita semua.”

Sambutan sekaligus apresiasi tersebut disampaikan oleh perwakilan pihak UAD, Agung Budi Prabowo, M.Pd. selaku staf pengajar Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UAD.

Beliau juga menyampaikan beberapa informasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) lengkap dengan beberapa beasiswa pilihan. Pihak UAD sangat mendukung para santri melanjutkan kuliah dengan beasiswa, terlebih beasiswa hafiz minimal 10 Juz.

Ini tentu saja kabar gembira bagi para santri PPMS dalam membangkitkan ghirah hafalannya, mengingat hafalan yang ditargetkan setelah lulus adalah 30 juz.

Penyampaian materi disambung oleh Dr. Arif Rahman, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku dosen Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UAD, di mana dalam penyampaiannya lebih ditekankan kepada Fakultas Agama Islam sebagai fakultas yang relevan diramaikan oleh alumni santri.

Kegiatan semakin meriah dengan adanya sesi tanya jawab dan beberapa merchandise telah disiapkan sebagai hadiah bagi peserta yang mau bertanya.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan campus tour di beberapa lokasi publik mahasiswa seperti perpustakaan, gedung perkuliahan, gedung laboratorium dan lainnya.

Setelahnya, langsung disambung kunjungan ke Museum Muhammadiyah. Santriwan-santriwati secara langsung belajar menengok kembali sejarah berdirinya Muhammadiyah, tujuan dan beberapa tantangannya lewat penjelasan edukator museum.

Santri juga diajak menengok sekilas cuplikan latar belakang berdirinya Muhammadiyah dengan kemasan yang sangat apik. Semua yang ikut terlihat antusias sekali.

Akhir dari rangkaian kegiatan ini adalah rihlah jasmaniah dan rohaniah yang berlokasi di Cemoro Sewu Beach Bantul Yogyakarta. Tujuannya selain daripada tadabbur alam bersentuhan langsung dengan ayat-ayat kauniyah Allah ﷻ.

Selain itu, dengan rihlah juga diharapkan santri dapat kembali me-refresh intelektual dan spiritualnya sebelum menghadapi Ujian Akhir Semester yang tak lama lagi akan dilaksanakan.

“Santri PPM Sangen? Hebat! Luar biasa! Allahu Akbar!” Teriakan santri sekaligus menutup agenda rihlah ilmiah disambung dengan makan malam dan foto bersama.

Reporter: Izza Al Fitra

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.