√ Alhamdulillah, Mudir PPM Sangen Ustaz M. Saifudin Lolos Seleksi Peserta Konferensi Mufasir Muhammadiyah - Muhammadiyah Weru

Alhamdulillah, Mudir PPM Sangen Ustaz M. Saifudin Lolos Seleksi Peserta Konferensi Mufasir Muhammadiyah

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengagendakan Konferensi Mufasir Muhammadiyah yang akan digelar pada 10-12 November 2023 di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Konferensi ini adalah sebuah ikhtiar membentuk jaringan mufasir Muhammadiyah, sehingga dapat saling mencurahkan gagasan, berdiskusi, dan menjelajahi sejarah serta masa depan tafsir dalam lingkungan Muhammadiyah.

Mufasir Muhammadiyah
Konferensi Mufasir Muhammadiyah

Konferensi Mufasir Muhammadiyah ini untuk mendukung proyek besar Penulisan Tafsir at-Tanwir, yang sudah dimulai sejak tahun 2008 dan baru selesai hingga juz 2 surah al-Baqarah ayat 1-286 yang tertuang dalam buku Jilid 1 dan Jilid 2. Sementara Jilid 3 saat ini sedang dalam proses penerbitan.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menegaskan bahwa penyelesaian Tafsir at-Tanwir harus tercapai ketika Majelis Tarjih dan Tajdid berusia 100 tahun pada tahun 2027. Semoga Allah memberikan kemudahan dan pertolongan-Nya.

Adapun peserta Konferensi Mufasir Muhammadiyah terdiri dari unsur Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anggota Pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) PP Muhammadiyah, dengan rincian Pimpinan Harian MTT PP Muhammadiyah, Anggota dan Pimpinan Divisi-divisi MTT PP Muhammadiyah, Divisi Kajian Al-Qur’an dan Hadis MTT PP Muhammadiyah dan Tim Editor Tafsir at-Tanwir.

Selain itu, juga peserta dari unsur MTT Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Mufasir (Penulis Tafsir) Muhammadiyah yang telah ada, Mufasir Muhammadiyah yang mendaftar melalui program penjaringan mufasir call for paper, dan Undangan Khusus.

Alhamdulillah, kabar bahagia Mudir Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Sangen PCM Weru, Ustaz M. Saifudin, Lc., M.Ag berhasil lolos seleksi sebagai peserta dari unsur Mufasir Muhammadiyah yang mendaftar melalui Call for Paper.

Konferensi Mufasir Muhammadiyah
Pengumuman lolos seleksi peserta
Konferensi Mufasir Muhammadiyah

Peserta tersebut harus memenuhi kriteria tertentu, di antaranya adalah benar-benar warga Muhammadiyah yang dibuktikan dengan CV ringkas, dan memiliki minat terhadap kajian Al-Qur’an dan Tafsir.

Selain itu juga harus menguasai tentang syarat-syarat formal penafsiran Al-Qur’an serta memahami tradisi Islam dan berorientasi tajdid. Memiliki komitmen untuk menyelesaikan tulisan dan mengikuti kaidah-kaidah kepenulisan Tafsir at-Tanwir.

Semoga Allah memberikan kelancaran proyek besar Penulisan Tafsir at-Tanwir yang digagas Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini sehingga nanti hasilnya bermanfaat untuk masyarakat luas, tak hanya untuk kalangan persyarikatan saja. Allahumma amin.

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.