√ MTs Muhammadiyah Sangen Study Tour ke Museum Muhammadiyah - Muhammadiyah Weru

MTs Muhammadiyah Sangen Study Tour ke Museum Muhammadiyah

MTs Muhammadiyah Sangen melaksanakan kegiatan study tour “Eksplore Jogja on Museum Muhammadiyah” pada hari Senin, 25 September 2023.

Sekira pukul 10.00 - 11.00 WIB, para siswa berkunjung ke Museum Muhammadiyah, Pantai Cemara, dan Jeep Wisata Gumuk Pasir. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dari MTs Muhammadiyah Sangen.

Museum Muhammadiyah
Siswa MTs Muhammadiyah Sangen
study tour ke Jogja

Sebagai informasi, Museum Muhammadiyah didirikan untuk merekam jejak langkah dengan melestarikan tinggalan sejarah yang disajikan dalam peragaan komunikatif dan edukatif agar dapat menuai hikmah bersama.

Berbekal nilai luhur dan pengalaman sejarah Muhammadiyah, maka pengunjung diharapkan dapat membentangkan cakrawala wawasan ke depan dengan lebih bijaksana dan berpartisipasi dalam gerak sejarah Muhammadiyah berikutnya.

Ketua Muhammadiyah
Mengenal ketua umum Muhammadiyah dari masa ke masa

Sejalan dengan hal itu, maka tujuan study tour ini adalah mengenalkan Muhammadiyah secara dekat kepada siswa, terlebih melihat fakta bahwa yang bersekolah di MTs Sangen sebagian berasal dari keluarga NU (Nahdlatul Ulama).

Tentu fakta ini menjadi menarik karena banyak di antara kita ketika beda organisasi Islam biasanya saling berprangsaka kurang baik. MTs Sangen mencoba mengenalkan bahwa sebenarnya NU dan Muhammadiyah adalah saudara. Bahwa KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy'ari adalah tunggal guru yakni Kyai Sholeh Darat.

Museum Muhammadiyah Jogja
Berfoto bersama abadikan kunjungan

Fakta sejarah ini kita harapkan bisa menjadi penyeimbang dalam kehidupan di masyarakat. Sementara terkait perbedaan yang ada, perlu disikapi secara bijak dan dewasa, menjadi panduan kehidupan dalam melaksanakan fatwa masing-masing.

Kontributor: Teguh Kurniawan

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.