√ Rakerda Majelis Pustaka dan Informasi PDM Sukoharjo Periode Muktamar 48 - Muhammadiyah Weru

Rakerda Majelis Pustaka dan Informasi PDM Sukoharjo Periode Muktamar 48

Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sukoharjo menggelar rapat kerja daerah (rakerda) bertempat di Aula SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo pada hari Ahad, 9 Juni 2024.

Dihadiri perwakilan pengurus MPI dari setiap cabang di Kabupaten Sukoharjo masing-masing 2 utusan, yakni MPI dari PCM Blimbing, Bekonang, Kartasura, Nguter, Tawangsari, Weru, Gatak, Baki, Sukoharjo, Bulu, Grogol, dan Bendosari.

Secara keseluruhan yang hadir adalah perwakilan MPI PCM sejumlah 24 orang, anggota MPI PDM Sukoharjo 12 orang, Bidang Media/Kominfo Ortom 6 orang, perwakilan majelis dan lembaga 21 orang, dan Humas AUM 10 orang.

Perwakilan dari MPI PCM Weru yang mengikuti rakerda adalah Pak Kusnia Arianto dan Pak Irfan Nur Hidayat, sekretaris dan bendahara MPI PCM Weru. Adapun tema yang diangkat adalah “Optimalisasi Sumber Daya Kader di Bidang Literasi, Digitalisasi, dan Teknologi Informasi”.

Rakerda MPI
Rakerda MPI PDM Sukoharjo

Acara pembukaan sekira pukul 08.30 WIB. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah. Dilanjutkan sambutan-sambutan. Acara inti dengan 3 narasumber yakni Bapak Sunarno, S.E, M.Eng, Bapak Rustam Aji, S.Ag, dan Bapak Gunawan Ariyanto, ST., M.Kom.

Dalam sambutan, Ketua Panitia Prof. Supriyono, ST, MT menyampaikan bahwa Majelis Pustaka dan Informasi mempunyai peran strategis dalam pengembangan dakwah di era digital seperti sekarang ini.

PDM Sukoharjo
Sambutan dari PDM Sukoharjo disampaikan oleh dr. Guntur Subiyantoro

Sambutan dari PDM Sukoharjo yang disampaikan oleh Bapak dr. Guntur Subiyantoro. Beliau berharap, MPI dapat menjadi humas yang menyebarluaskan dan mensosialisasikan kegiatan-kegiatan PDM dengan mengoptimalisasi media sosial milik Muhammadiyah.

Acara inti workshop dengan moderator Pak Tegar S. Ahimza. Penyampaian dari narasumber pertama yakni Bapak Sunarno, S.E, M.Eng yang menjabat sebagai Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Kabupaten Sukoharjo dengan tema Medsos dan Transformasi Digital.

Menurut beliau, Muhammadiyah harus bisa mengikuti perkembangan atau transformasi digital dalam strategi dakwah. Optimalisasi penggunaan medsos dengan membuat konten yang sesuai karakteristik pemirsa.

Rakerda MPI PDM Sukoharjo
Narasumber workshop rakerda MPI PDM Sukoharjo

Narasumber kedua adalah Ketua MPI PWM Jawa Tengah Bapak Rustam Aji, S.Ag yang juga menjabat sebagai Redaktur Pelaksana Tribun Jateng, menyampaikan tema Mewujudkan Semesta Digital Islam Berkemajuan melalui Multiplatform. Beliau merasa sangat perlu perencanaan yang baik atau membuat peta jalan dalam pengembangan platform digital.

Narasumber terakhir Kepala Biro Humas dan Pemeringkatan UMS Bapak Gunawan Ariyanto, ST., M.Comp.Sc, Ph.D membawakan tema Roadmap atau Peta Jalan IT. Menurut penuturan beliau, pemanfaatan teknologi bisa disesuaikan dengan kebutuhan persyarikatan.

Acara berlanjut dengan pemaparan program kerja MPI PDM Sukoharjo yang disampaikan langsung oleh Ketua MPI PDM Sukoharjo yakni Bapak Ir. Ahmad H Machsuni, ST, MM dan dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab.

Kontributor: Kusnia Arianto

Get notifications from this blog

4 komentar

  1. Mewujudkan semesta digital islam berkemajuan melalui multyplatform.

    BalasHapus
  2. Kaosnya para peserta adem desainnya bagus

    BalasHapus
  3. Materi Workshop banyak cerita tolong diberi contoh implentasinya biar jalan di warga MPI khususnya dan pengembangan di cabang-cabang Umumnya

    BalasHapus
  4. Materi Workshop banyak cerita tolong diberi contoh implentasinya biar jalan di warga MPI khususnya dan pengembangan di cabang-cabang Umumnya

    Balas

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.