√ Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MIM Ganggang Tahun ke-4 Berjalan Lancar - Muhammadiyah Weru

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MIM Ganggang Tahun ke-4 Berjalan Lancar

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang dikerjakan oleh kepala madrasah pada setiap indikator pemenuhan standar. 

PKKM dilaksanakan setiap akhir tahun, untuk mengevaluasi kinerja kepala madrasah, dengan maksud dan tujuan agar madrasah tertib administrasi. Penilai adalah pengawas pembina dan didampingi satu pengawas dari Kementerian Agama kabupaten.

PKKM
Visitasi PKKM MIM Ganggang

Rabu, 15 November 2023, dilaksanakan PKKM di MIM Ganggang, Tawang, Weru. “Tahun ini adalah PKKM tahun ke-4,” kata Kepala MIM Ganggang Bu Sri Wahyuningsih, S.TP, atau yang akrab dipanggil Bu Wahyu. “Sehingga tim penilainya berbeda dengan tiga tahun sebelumnya.”

Pada PKKM kali ini, yang bertugas sebagai tim penilai dari pengawas ada Bapak Danuri, M, Ag yang mengecek dokumen komponen B yakni Pelaksanaan Tugas Manajerial, dan Ibu Rina Puji Handayani, M.Pd.I mengecek komponen A yakni Usaha Pengembangan Madrasah.

Pengecekan dokumen komponen
penilaian kinerja

Kemudian dari Yayasan oleh Ketua PCM Weru Bapak Sumardi, S.Pd.I yang bertugas mengecek komponen D yakni Supervisi. Dari Komite Madrasah Bapak Drs. Gatot Subroto mengecek komponen C yakni Kewirausahaan.

Sementara dari Guru senior ada Ibu Narwanti, S.Pd.I yang bertugas mengecek dokumen komponen E yakni Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Hasil pengecekan dokumen masing-masing komponen tersebut kemudian dievaluasi, apabila ada kekurangan diminta untuk dilengkapi, agar pada PKKM tahun mendatang sudah sesuai ketentuan.

Pada prinsipnya, menurut arahan tim penilai, tulislah apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang ditulis. Jadi harapannya, semua kegiatan yang ada di madrasah bisa terekam jejaknya dalam tulisan dokumen madrasah, sehingga bukan khayalan semata.

“Kami tetap berharap nilai PKKM MIM Ganggang nantinya akan baik, meskipun masih banyak kekurangan di sana sini,” ungkap Bu Wahyu penuh rasa optimis.

Bu Wahyu juga menyampaikan kabar gembira, bahwa pada hari ini nilai Akreditasi MIM Ganggang yang dilaksanakan tanggal 18-19 September lalu telah keluar hasilnya. “Alhamdulillah, nilai 92 (A) untuk madrasah kami,” kata beliau haru.

Foto bersama
Foto bersama usai
pelaksanaan PKKM

Kepala sekolah MIM Ganggang berharap semua ini bisa menjadi pelecut semangat dalam meningkatkan mutu madrasah. Sehingga, harapan ke depan madrasah mampu menjadi pencetak generasi saleh yang tangguh. Madrasah yang hebat, bermartabat, mandiri, dan berprestasi.

Reporter: Bu Sri Wahyuningsih, S.TP

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.