√ Serunya Anak-Anak Berkuda di BA Aisyiyah Babadan, Olahraga Sunnah yang Menyenangkan - Muhammadiyah Weru

Serunya Anak-Anak Berkuda di BA Aisyiyah Babadan, Olahraga Sunnah yang Menyenangkan

BA Aisyiyah Babadan punya kegiatan rutin yang seru dan menyenangkan tiap semester, yakni berkuda. Termasuk olahraga yang disunnahkan Rasulullah ﷺ yang juga membuat anak-anak bergembira.

Selasa pagi, 28 November 2023, kegiatan yang sudah lebih dari 6 tahun menjadi salah satu program rutin di BA Aisyiyah Babadan ini dilaksanakan di sekitaran komplek BA.

“Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yg telah dirancang oleh BA Aisyiyah Babadan, dan kebetulan sekali di bulan November ini tema atau topik yang terprogram adalah tema Binatang,” ungkap Kepala BA Aisyiyah Babadan Ibu Susiloningsih, S.Pd.I.

BA Aisyiyah Babadan
Murid BA Aisyiyah Babadan
menaiki kuda

Bu Susi, begitu akrab disapa, mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana bekerja sama dengan Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Qoryatul Qur’an yang memiliki fasilitas kuda sekaligus instrukturnya.

“Alhamdulilah, kita bertetangga dengan pesantren yang punya kuda. Instrukturnya Ustaz Ihsan, yang dibantu Ustaz Erik,” kata Bu Susi. “Para guru BA tinggal mengondisikan para siswa untuk gantian berkudanya.”

Selain termasuk olahraga sunnah, kegiatan berkuda juga mengandung banyak manfaat bagi anak-anak didik di usia dini. Di antaranya adalah melatih koordinasi dan Keseimbangan.

Berkuda juga meningkatkan keterampilan fokus dan konsentrasi. Meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian. Mengembangkan keterampilan sosial, dan mengajarkan tanggung jawab.

Olahraga berkuda
Berkuda olah raga sunnah
yang banyak manfaatnya

“Selain itu, berkuda juga memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi mereka,” kata Bu Susi. “Meningkatkan kecerdasan natural, memperkuat otot, hingga memberikan manfaat terapi pada anak.”

Dan benar saja, anak-anak begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka bisa berinteraksi dengan kuda secara langsung. Merasakan betapa asyiknya menunggang kuda. Sekaligus mengenalkan olahraga sunnah.

Kontributor: Ibu Susiloningsih, S.Pd.I

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.