√ Ketua PDM Sukoharjo: Kunci Hebat Itu Membaca - Muhammadiyah Weru

Ketua PDM Sukoharjo: Kunci Hebat Itu Membaca

Pada acara Pengukuhan PCM dan PCA Weru periode Muktamar 48, Sabtu, 21 Oktober 2023 atau 6 Rabiulakhir 1445 H, di Gedung Dakwah Muhammadiyah Dukuh Kalisige, Ketua PDM Sukoharjo Pak H. Djumari, S.Ag., M.S.I menyampaikan beberapa nasihat dan amanah.

Ustaz Djumari
Ustaz Djumari menyampaikan nasihat

“Muhammadiyah harus unggul dan berkemajuan,” kata beliau. “Yang pertama, unggul. Unggul pada bidang pendidikan dari kuantitas menuju kualitas. Pada bidang kesehatan, Muhammadiyah untuk sementara menghentikan pendirian rumah sakit, karena sudah melampaui. Untuk itu cari alternatif cara menggerakkan bidang kesehatan.”

Selain itu, juga unggul dalam bidang sosial dan ekonomi. “Di Sukoharjo, ada BMT, ada BPRS Arta Surya Barakah, PT. Suryamu, dan Toko Suryamu,” ungkap Ketua PDM Sukoharjo periode 2023-2028 ini.

Yang kedua, Muhammadiyah harus berkemajuan. Ini ditandai dengan Gerakan Islam, Gerakan Dakwah, Gerakan Tajdid, dan Gerakan Literasi. Terkait Gerakan Literasi, Pak H. Djumari menekankan pada pentingnya membaca.

“Kunci hebat itu membaca,” kata beliau. “Banyak yang tidak sekolah tapi gemar membaca, maka dia bisa jadi hebat. Kalau tidak membaca, ya jadinya gitu-gitu aja.”

Menurut Pak H. Djumari, ilmu tidak bisa dipisahkan dari kita. Beliau mengimbau para mubaligh Muhammadiyah dalam menyampaikan materi kajian harus yang update. Termasuk ketika akan khotbah Jumat, harus disiapkan sedemikian rupa.

Beliau kemudian menyebutkan 4 macam kunci untuk menjadi hebat, yakni iqra (membaca, agar menjadi mantap), 'allama (belajar dan mengajar), al qalam (alat menulis, menulislah karena itu akan menjadi mindset), dan ma lam ya'lam (karena asalnya kita tidak mengetahui dan menjadi tahu).

Kontributor: Ustaz M. Saifudin, Lc., M.Ag

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.