√ Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MIM Gangin Tahun ke-4 Berjalan Lancar - Muhammadiyah Weru

Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MIM Gangin Tahun ke-4 Berjalan Lancar

Jumat, 17 November 2023, dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MIM Gangin, Karakan, Weru yang dikepalai oleh Ibu Nur Kholis Sholihah, S.Ag, M.Pd.I.

Sebagaimana diketahui, bahwa PKKM merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang dikerjakan oleh kepala madrasah pada setiap indikator pemenuhan standar, yang dilaksanakan setiap akhir tahun. 

Adanya PKKM untuk mengevaluasi kinerja kepala madrasah, yang maksud dan tujuannya adalah agar madrasah bisa lebih tertib administrasi. Tim penilainya adalah pengawas pembina yang didampingi pengawas dari Kementerian Agama kabupaten.

PKKM
Visitasi PKKM
MIM Gangin Karakan

Kepala MIM Gangin, Ibu Nur Kholis Sholihah, dalam sambutan menyampaikan bahwa jumlah guru di MIM Gangin ada 8 orang. Sementara siswa yang belajar di madrasah ini ada 113 anak.

Menurut beliau, guru selalu mengutamakan kerja sama dan kebersamaan. Bu Nur Kholis juga menyampaikan bahwa motto MIM Gangin adalah “Kami bukan yang terbaik tetapi berusaha ingin menjadi yang terbaik.”

Tim penilai dari pengawas yang bertugas adalah Bapak Danuri, M, Ag yang mengecek dokumen komponen Pelaksanaan Tugas Manajerial, dan Ibu Rina Puji Handayani, M.Pd.I mengecek komponen Usaha Pengembangan Madrasah.

Dari Yayasan langsung Ketua PCM Weru Bapak Sumardi, S.Pd.I yang bertugas mengecek komponen Supervisi. Sementara untuk Komite Madrasah Bapak Drs. Arif Handoko mengecek komponen Kewirausahaan. 

Proses penilaian oleh tim

Guru senior yang bertugas mengecek dokumen komponen Hasil Kinerja Kepala Madrasah adalah Bapak Dwi Untoro, S.Pd.I. Moderator acara oleh Bapak M.Kodri, S.Pd.I. Bertugas memimpin doa adalah Bapak Shidiq Ikhsanudin, S.Pd.I.

Masing-masing dokumen komponen tersebut dicek untuk kemudian dilakukan evaluasi, apabila ada kekurangan harus dilengkapi, agar pada PKKM tahun mendatang hasilnya sudah bisa sesuai ketentuan.

Harapan agar terbentuk madrasah yang hebat, bermartabat, mandiri, dan berprestasi, tentu memerlukan perjuangan. Pada prinsipnya, menurut arahan tim penilai, hendaklah menuliskan apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang dituliskan. 

Ketua PCM Weru, Bapak Sumardi, S.Pd.I menyampaikan beberapa hal, di antaranya bahwa MIM Gangin hari ini harus lebih baik daripada hari sebelumnya. Harus ada perkembangan ke arah yang lebih baik.

Ibu Nur Kholis juga menyampaikan harapannya agar nilai PKKM MIM Gangin nantinya akan baik, meskipun pada saat ini masih banyak kekurangan di sana sini. Harus tetap optimis untuk kebaikan bersama.

Kepala Sekolah MIM Gangin ini juga menyampaikan kabar gembira, bahwa pada hari ini nilai Akreditasi MIM Gangin yang dilaksanakan secara online telah keluar hasilnya. “Alhamdulillah, nilai 90 (B) untuk madrasah kami,” pungkasnya.

Kontributor: Bapak Shidiq Ikhsanudin, S.Pd.I

Get notifications from this blog

Silakan berkomentar dengan sopan sebagai ajang silaturahmi sesama kita.